TUTUP
TUTUP

Perempuan Pendorong Perubahan

Merangkul orangtua untuk berbagi ilmu.
Ketua Yayasan Komunitas Guru Belajar, Najeela Shihab (berkerudung hitam).

VIVA.co.id – Tidak ada kata cukup bagi praktisi pendidikan sekaligus psikolog lulusan Universitas Indonesia, Najeela Shihab untuk terus melakukan inisiatif dalam bidang pendidikan. Lihat saja bagaimana ia begitu aktif mendirikan berbagai organisasi pendidikan dengan beragam program di dalamnya.

Sebut saja Sekolah Cikal, Kampus Guru Cikal, Keluarga Kita, dan Inibudi. Hebatnya, lewat organisasi-organisasi itu, Najeela mampu menggerakkan ratusan orang untuk ikut menyebarkan perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia.

"Karena pendidikan itu sebenarnya kompleks, kalau kita mau melakukan perubahan pendidikan yang aku percaya itu semua pemangku kepentingan harus ikut. Misalnya gurunya sudah keren banget di sekolah, tapi orangtuanya tidak peduli dan tidak terlibat dalam pendidikan, itu tidak bisa," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Maka, Najeela pun menginisiasi Rangkul, para relawan yang berasal dari para orangtua yang memberikan kembali ilmu mereka kepada orangtua lain. Para relawan Rangkul bahkan sudah tersebar hingga ke 57 daerah di Indonesia.

Tak berhenti di situ, Najeela juga menginisiasi Inibudi, sebuah program di mana para guru bisa membuat video pengajaran yang kemudian di sebarkan ke seluruh wilayah Indonesia. Inibudi akan mengedit video tersebut menggunakan animasi agar lebih menarik bagi anak-anak. Hingga kini, sudah tercipta 1.000 video yang digunakan oleh 20.000 sekolah di Indonesia.

Cara ini, kata Najeela, ia buat untuk mengatasi masalah kekurangan jumlah guru di wilayah terpencil Indonesia. Melalui program ini pula, ia ingin agar anak-anak Indonesia tidak hanya pandai dalam pelajaran, tapi juga tahu jurusan apa yang akan diambilnya ketika kuliah nanti.

"Relawan yang terlibat mudah-mudahan bisa jadi contoh praktik baik supaya Indonesia perubahan pendidikannya cepat terjadi," ucapnya.

Selanjutnya, Membalikkan Proses Pendidikan 

TUTUP