TUTUP
TUTUP

Lomba Bisnis Mudik

Ini cara operator telekomunikasi dan diler mobil pikat calon pemudik.
Lebaran adalah momen yang selalu dinanti setiap tahun. Selain untuk bersilaturahmi dengan sanak famili juga dijadikan ajang pulang kampung alias Mudik Lebaran.

VIVA.co.id – Di Indonesia, Lebaran adalah momen yang selalu dinanti setiap tahun. Selain untuk bersilaturahmi dengan sanak famili juga dijadikan ajang pulang kampung alias Mudik Lebaran.

Hampir semua masyarakat yang bekerja di luar kota pulang kampung secara serentak sehingga kemacetan sudah merupakan pemandangan umum setiap tahun. Kota Jakarta maupun kota-kota besar lainnya, yang biasanya ramai mendadak menjadi sepi dan tidak ada kemacetan lalu-lintas.  Pemerintah dan stakeholder pun berusaha memberikan pelayanan mudik Lebaran dengan sebaik-baiknya.

Mudik Lebaran juga merupakan peluang bisnis yang selalu dinanti. Ini selalu jadi momen tahunan yang ditunggu-tunggu oleh para operator telekomunikasi, pelaku usaha otomotif hingga pengelola bisnis perhotelan. Mereka sudah jauh-jauh hari berlomba-lomba memikat para calon pemudik dengan berbagai tawaran menarik.

Munir Syahda Prabowo, Vice President Special Project Network PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), mengatakan pihaknya menjelang Lebaran merilis dua produk seri Andromax, yaitu E2+ dan A yang sudah keduanya sudah mendukung layanan Voice over LTE (VoLTE).

"Kedua handset itu kita rilis untuk menghadapi momentum lebaran, masyarakat bisa merasakan layanan VoLTE melalui handset yang terjangkau. Andromax E2+ dibanderol Rp1,199 juta dan Andromax dihargai Rp649 ribu. Momentum kita manfaatkan lebaran dengan launching dua produk itu, dengan tujuan masyarakat yang ingin segera merasakan (layanan) LTE ini, kita ready (siap)," tuturnya.

Persiapan lainnya adalah, dari sisi jaringan, Munir mengatakan ada empat program. Satu, meningkatkan kapasitas. Kedua, meminimalisir gangguan. Ketiga, memperkecil blank spot. Dan, menyediakan back up kapasitas di tempat ramai.

Sementara itu, Vice President Customer Experience Management and Contact Management XL, Noviyus Kurniawan, mengatakan layanan pelanggan atau Customer Care PT XL Axiata Tbk (XL) telah siap sepenuhnya dalam menghadapi Lebaran.

Kesiapan tersebut antara lain berupa penerapan penanganan operasional yang efektif, sistem monitoring dan penjadwalan hingga penambahan petugas. Kesiapan layanan pelanggan XL ini searah dengan kesiapan divisi lainya, antara lain marketing dan network.

"Dari sisi layanan pelanggan tentunya XL mempersiapkan untuk tetap memberikan pelayanan prima agar pelanggan tetap bisa secara maksimal memanfaatkan layanan XL selama liburan panjang. Biasanya saat Lebaran memang terjadi kenaikan panggilan melalui layanan pelanggan Call Center. Tahun lalu naik sekitar 15 persen," kata dia.

Adapun pada musim mudik Lebaran, baik menjelang atau selama libur panjang, pelanggan banyak menanyakan mengenai paket layanan, termasuk paket data dan internet, juga mengenai paket telepon dan SMS. Selain itu, pelanggan juga menanyakan mengenai sinyal jaringan.

Operator telekomunikasi Telkomsel melalui Direktur Utamanya, Ririek Adriansyah mengatakan menghadapi mudik Lebaran dari sisi jaringan, telah melakukan Network Drive Test yang dilakukan di berbagai jalur  mudik di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi dengan menggunakan rute darat dan kereta api, yang secara total mencakup jarak 10.921 kilometer.

"Dari sisi pelayanan, Telkomsel akan menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi keramaian publik yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga, di samping titik-titik pelayanan existing, yakni 412 GraPARI, 392 Mobile GraPARI, 40 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 464 kantor layanan Telkomsel Distribution Center," ujarnya.

Bahkan selama periode 27 Mei-30 Juni 2016, pelanggan KartuHalo, simPATI, Kartu As, dan LOOP juga berkesempatan mendapatkan berbagai penawaran dan hadiah menarik dalam program ìTraktir Ramadhanî berupa paket layanan suara, SMS, dan data, konten layanan digital lifestyle, berbagai voucher merchant, hingga paket bundling gadget dengan menukarkan Telkomsel POIN yang dimilikinya, cukup dengan menghubungi *123# ataupun mengakses aplikasi MyTelkomsel yang telah dapat diunduh dari Google Play atau App Store.

Momen mudik Lebaran juga dimanfaatkan Indosat Ooredoo selain melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Network Operation Center (INOC) sebagai Command Center, serta melengkapi dengan berbagai paket khusus Ramadan dan Lebaran bagi pelanggan.

perawatan BTS 4G

Jelang mudik lebaran, operator telekomunikasi berlomba-lomba memikat para calon pemudik dengan berbagai tawaran menarik.

Menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadan dan Mudik Lebaran 2016, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 69,8 juta pelanggan Indosat Ooredoo yang didukung dengan total BTS 52.326 secara nasional.

"Dalam rangka memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam situasi apapun, kami telah menyiapkan jaringan telekomunikasi kami untuk menghadapi potensi lonjakan trafik telekomunikasi pada masa Ramadan dan Mudik Lebaran 2016. Peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah melalui program modernisasi jaringan serta penggelaran jaringan 4G LTE di berbagai kota, kami yakin pelanggan dan masyarakat akan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar,î tutur Group Head Network Operations, Achmad Abimanyu.

Berikutnya: Cara Diler Memikat Calon Pemudik

TUTUP