SOROT 295

Sihir Piala Dunia 2014

Seorang wanita berjalan di depan dinding bergambar maskot resmi Piala Dunia
Sumber :
  • REUTERS/Nacho Doce

VIVAnews - Pesta olahraga terpopuler di dunia kembali muncul dalam hitungan hari. Selama 12 Juni hingga 13 Juli mendatang, perhatian banyak warga dunia beralih ke Brasil, menyaksikan para jago sepakbola unjuk kebolehan membela tim nasional masing-masing demi memperebutkan trofi Piala Dunia dari FIFA.

Ini menjadi laga bagi 32 timnas, termasuk tuan rumah Brasil yang sudah lima kali juara. Ajang itu pula menjadi pesta bagi para penggila sepakbola, baik yang datang langsung ke stadion maupun lewat layar kaca, untuk menyimak 64 pertandingan dari babak penyisihan hingga final.   

Piala Dunia 2014 tidak saja menjadi duel antara tim-tim papan atas maupun para non-unggulan, namun juga jadi ajang pembuktian bagi para talenta muda bahwa mereka pun bisa lebih baik dari bintang-bintang yang sudah mapan. 

Berbagai prediksi sudah bermunculan mengenai bintang-bintang muda yang bakal bersinar di Piala Dunia 2014 mendatang. Manajer kontroversial Chelsea, Jose Mourinho, langsung memilih tiga pemain muda yang diprediksinya bakal menjadi bintang di Brasil mendatang.

“Yang pertama jelas Eden Hazard. Lalu Neymar dan Raphael Varane,” kata Mourinho kepada Daily Mail. “Tak dipungkiri Varane tetap menjadi salah satu bek tengah terbaik saat ini meski ia tak mendapat banyak kesempatan di Real Madrid musim lalu,” lanjut The Special One.

Tak mau kalah dengan Mourinho, manajer Liverpool, Brendan Rodgers juga ikut memberikan prediksi mengenai ramalan pemain muda yang bakal bersinar di Brasil. Pemain andalannya di Liverpool, Raheem Sterling menjadi pilihan manajer The Reds ini.

"Raheem Sterling pemain ofensif dan kreatif. Jika dia mendapat kesempatan untuk bermain baik dengan skema berlian atau memanfaatkan lebar lapangan, maka dia dapat menjadi salah satu bintang di Piala Dunia menurut saya,” kata Rodgers.

Neymar juga menjadi salah satu pemain muda yang diyakini banyak kalangan bakal menjadi pusat perhatian di Brasil. Selain bermain di tanah kelahirannya, Neymar juga telah membuktikan kelasnya sebagai salah satu magnet di sepakbola. “Jelas Neymar seorang juara secara individu. Neymar akan menjadi bintang di Piala Dunia,” tegas kapten Brasil, Thiago Silva.

Efek Pele

Fenomena munculnya pesepakbola muda bertalenta di Piala Dunia sebenarnya telah lama ada. Saat Piala Dunia 1958 dihelat, sepak terjang seorang bocah yang baru berusia 17 tahun sukses mencuri perhatian.  Brasil merengkuh gelar perdana karena peran besar bocah yang kini kita kenal dengan Pele.

Pemain dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini sukses mencuri perhatian dunia berkat penampilan menawannya sepanjang turnamen. Pele mencetak lima gol di sepanjang turnamen. Bahkan Pele juga sukses menjadi motor Selecao di perhelatan Piala Dunia 1962 dan 1970.

Setelah Pele, beberapa pemain muda berbakat kembali berhasil dimunculkan dalam perhelatan akbar Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1962 di Chile, muncul nama Florian Albert. Penyerang 20 tahun Hungaria ini menjadi bintang setelah sukses menyabet top skorer di turnamen tersebut.

Lalu muncul nama Franz Beckenbauer. Legenda Jerman ini mampu menjadi pemain muda terbaik di Piala Dunia 1966 setelah sukses membawa Der Panzer sebagai runner up setelah Jerman harus menelan kekalahan menyakitkan dari Inggris. Saat itu, Beckenbauer baru berusia 20 tahun.

Setelah itu, Piala Dunia juga melahirkan bintang-bintang muda macam Wladyslaw Zmuda dari Polandia, Antonio Cabrini (Italia), Manuel Amoros (Prancis), Enzo Scifo (Belgia), Robert Prosinecki (Yugoslavia)dan Marc Overmas (Belanda).

Lalu muncul pula nama Michael Owen di Piala Dunia 1998. Keputusan Glenn Hoddle memasukan striker berusia 18 tahun ini terbilang tepat. Meski gagal membawa Inggris tampil sebagai juara, namun nama Owen berhasil meroket setelah mencetak gol berkelas saat melawan Argentina.

Setelah itu muncul pula beberapa nama pemain muda bertalenta yang sukses menjadi magnet dunia. Gelandang muda Jerman, Lukas Podolski, mampu menjadi pusat perhatian di Piala Dunia 2006 saat Jerman menjadi tuan rumah.  Jerman sendiri harus puas berada di peringkat ketiga.

Lalu dilanjutkan kompatriotnya Thomas Mueller yang jadi bintang di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan meski Jerman lagi-lagi harus rela berada di peringkat ketiga setelah gagal ke final usai dikalahkan Spanyol yang akhirnya keluar sebagai juara.

Kini, perhelatan Piala Dunia edisi ke-20 juga siap mengibarkan nama beberapa pemain muda. Talenta-talenta muda akan bersaing untuk menjadi bintang dari segala bintang di Brasil. Lalu, siapa saja pemain muda yang memiliki potensi besar bersinar di event penting FIFA ini?

10 Pemain Muda yang Bakal Bersinar di Piala Dunia 2014

1. Neymar (Brasil / Barcelona)

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Pemain Brasil Neymar mengontrol bola saat melawan RusiaPemain Brasil Neymar mengontrol bola saat melawan Rusia. Foto: REUTERS/Andrew Winning

Berbicara skuad Brasil saat ini tentu tak dapat lepas dari peran pemain satu ini. Pemilik nama lengkap Neymar da Silva Santos Junior ini akan menjadi tumpuan Brasil merengkuh Piala Dunia ke-6 di tanah kelahirannya. Pemain kesayangan Pele ini sudah mencuri perhatian sejak masih memperkuat Santos.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Bahkan, Barcelona harus rela membayar 57,1 juta euro untuk memboyongnya. Pemain Terbaik Amerika Selatan 2011 dan 2012 ini juga sukses menjadi pundi-pundi gol Brasil. Selama 48 kali membela Brasil, penyerang 22 tahun ini telah mengoleksi 31 gol. Catatan yang tentu dapat menggambarkan betapa tajamnya putra mahkota dari tradisi Jogo Bonito Brasil ini.

2. Eden Hazard (Belgia / Chelsea)

Eden Hazard mengontrol bola selama sesi latihan di GenkEden Hazard mengontrol bola selama sesi latihan di kota Genk, Belgia. Foto: REUTERS/Francois Lenoir

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Belgia menjadi salah satu kontestan yang mayoritas diperkuat pemain-pemain muda bertalenta. Salah satunya sosok Eden Hazard, 23 tahun. Gelandang tumpuan Chelsea ini diprediksi menjadi salah satu pemain muda yang bakal bersinar di Brasil.

Hazard juga menjadi aktor penting dibalik kesuksesan Belgia tak terkalahkan di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 dan melenggang mudah ke Brasil. Total pemain yang piawai bermain sebagai gelandang serang atau winger ini telah memperkuat Belgia di 45 pertandingan internasional dengan koleksi 6 gol.

3. Paul Pogba (Prancis / Juventus)

Paul Pogba merayakan gol saat melawan NorwegiaPaul Pogba merayakan gol saat melawan Norwegia. Foto: REUTERS/Charles Platiau

Gelandang muda Prancis ini punya potensi besar untuk tampil menawan di Brasil. Pogba menjadi sosok sentral dibalik kesuksesan Juventus merengkuh scudetto musim lalu. Pemain 21 tahun ini juga akan menjadi tumpuan Didier Deschamps di lini tengah Les Bleus.

Pemain yang disia-siakan Manchester United ini juga dikenal sebagai pemain muda dengan kemampuan komplet. Meski menjadi gelandang jangkar, Pogba juga dikenal tajam untuk urusan menjebol gawang. Pada 2013 lalu, kualitas Pogba juga diakui dengan terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik Eropa.

4. Mario Goetze (Jerman / Bayern Munich)

Pemain muda Jerman, Mario GoetzePemain muda Jerman, Mario Goetze. Foto: REUTERS/Ina Fassbender

Terlepas dari banyak pemain muda di skuad Jerman, sosok Mario Goetze pantas mendapat perhatian lebih. Baru berusia 21 tahun, Goetze telah tercatat 27 kali memperkuat Der Panzer. 

Goetze juga piawai dimainkan di berbagai posisi. Tak heran jika Bayern Munich rela membayar 37 juta euro ke Borussia Dortmund untuk mendapatkan playmaker pintar ini. Dalam 7 pertandingan internasional terakhir bersama Der Panzer, Goetze sukses mencetak empat gol. Goetze akan menjadi solusi jika lini tengah Der Panzer tumpul.

5. Raheem Sterling (Inggris / Liverpool)

Raheem Sterling saat laga melawan EkuadorRaheem Sterling saat laga melawan Ekuador. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay

Penampilan apik Liverpool di pentas Premier League musim lalu sukses mengantarkan pemain 19 tahun ini ke skuad Roy Hodgson. Torehan 7 gol dan 3 assistsnya bersama Liverpool terlalu sayang untuk dilewatkan Hodgson.

Winger mungil ini akan menjadi tumpuan The Three Lions menyayat pertahanan lawan. Bermain ngotot dan memiliki kecepatan menjadi nilai lebih Sterling. Terlebih, Sterling kemungkinan tak perlu butuh waktu lama beradaptasi seiring dengan keberadaan Steven Gerrard, Daniel Sturridge, dan Jordan Henderson di skema menyerang The Three Lions.

6. Romelu Lukaku (Belgia / Chelsea)

Pemain muda Belgia, Romelu LukakuPemain muda Belgia, Romelu Lukaku. Foto: REUTERS/ Toby Melville

Lukaku memang masih terpinggirkan di Chelsea. Namun pemain yang digadang-gadang sebagai penerus Didier Drogba ini telah mampu membuktikan diri sebagai salah satu striker penting. Hal itu telah dibuktikan bomber 21 tahun ini saat memperkuat Everton di pentas Premier League musim lalu. Kokoh dan pintar membuka celah menjadi kelebihan striker tinggi besar ini.

7. Raphael Varane (Prancis / Real Madrid)

Raphael Varane menghadiri sesi latihan di ClairefontaineRaphael Varane saat sesi latihan di Clairefontaine, Prancis. Foto: Foto: REUTERS/Charles Platiau

Bek 21 tahun ini mungkin tak setenar Laurent Konscielny maupun Mamadou Sakho di sentral pertahanan Prancis. Namun, Varane tetap punya potensi untuk bersinar di Piala Dunia 2014.

Tak heran jika Mourinho menempatkan bek muda Real Madrid ini menjadi salah satu pemain yang bakal bersinar di Brasil. Meski harus berbagi tempat dengan beberapa bek tangguh Prancis, Varane juga punya andil besar meloloskan Prancis ke Brasil setelah mampu tampil apik saat menyingkirkan Ukraina di babak play-off.

8. Victor Moses (Nigeria / Chelsea)

Victor Moses rayakan gol ke gawang EthiopiaVictor Moses rayakan gol ke gawang Ethiopia. Foto: REUTERS/Afolabi Sotunde

Tak dipungkiri jika Moses menjadi sosok penting dari skema serangan cepat Nigeria. Pemain Chelsea yang kini dipinjamkan ke Liverpool ini juga punya peran besar dalam meloloskan Nigeria ke putaran final Piala Dunia 2014.

Kecepatan menjadi andalan Moses saat menyisir di sisi kiri pertahanan lawan. Pemain 23 tahun ini juga menjadi pelayan utama bagi bomber haus gol Nigeria, Emmanuel Emenike.  Total 17 caps telah ia lokoni bersama Nigeria dengan torehan 6 gol.

9. James Rodriguez (Kolombia / AS Monaco)

James Rodriguez jelang pertandingan persahabatan melawan Yordania
James Rodriguez jelang pertandingan persahabatan melawan Yordania. Foto: REUTERS/Enrique Marcarian

Namanya mulai dikenal saat memperkuat FC Porto sebelum diboyong ke AS Monaco pada 2013. Ia dianggap sebagai penerus legenda Kolombia, Carlos Valderama. Gelandang lincah 22 tahun ini menjadi pemain bintang yang dimiliki Kolombia selain sosok Radamel Falcao yang juga bermain untuk Monaco.

Kini dengan absennya Falcao, beban Rodriguez tentu lebih besar. Ia harus mampu menjaga status Kolombia yang sempat diunggulkan di turnamen ini. Cepat dan piawai menyodorkan umpan terobosan dan umpan silang menjadi kelebihan pemain satu ini.

10. Aleksandr Kokorin (Rusia / Dynamo Moscow)

Pemain sepakbola muda Rusia Aleksandr Kokorin
Pemain sepakbola muda Rusia Aleksandr Kokorin.

Meski mayoritas dihuni pemain-pemain veteran, Rusia juga punya beberapa pemain muda potensial. Salah satunya, penyerang muda Dynamo Moscow, Aleksandr Kokorin. Pemilik angka keramat 9 di tim Beruang Merah ini akan menjadi tumpuan Fabio Capello guna menggedor pertahanan lawan. Penyerang 23 tahun ini juga mencetak gol-gol penting saat Rusia merajai di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2014.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya