SOROT 258

Suzuki Karimun Wagon R: Muka Lama Mobil SUPER

Suzuki Karimun Wagon R
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews -
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
Pameran otomotif bertaraf dunia kembali dihelat, Kamis kemarin, 19 September 2013, di JI Expo. Ratusan pabrikan otomotif dan komponen pendukungnya turut meramaikan ajang di Kemayoran, Jakarta, ini. Mulai pabrikan Amerika, Eropa, hingga Asia, semua berkumpul.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Ribuan pengunjung hiruk pikuk memadati Indonesia International Motor Show 2013. Acara peluncuran mobil ada di mana-mana.
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan


Salah satu fokus perhatian pengunjung adalah sebuah booth di Hall A. Di situ, diperkenalkan jagoan baru sebuah pabrikan: Karimun Wagon R.

Inilah salah satu mobil yang ditunggu-tunggu khalayak. Mobil besutan Suzuki ini bakal bertarung di kelas yang gencar dipromosikan dengan sebutan LCGC ( low cost and green car , rendah biaya dan ramah lingkungan). Ia dijual di kisaran harga seratusan juta rupiah, sekelas Astra Toyota Agya, Astra Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun Go. Efisiensi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai hingga 20 km per liter.

Executive Vice President Suzuki Motor Corp., Toshihiro Suzuki, mengatakan, "Kami datang dari Frankfurt Motor Show hanya ingin menyaksikan momen indah ini, meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R."


Mobil murah ini masih mengusung nama legendaris ‘Karimun’, yang digunakan Suzuki untuk model
city car
sebelumnya. Wujudnya pun tak ubahnya Karimun lama. Hanya saja, ada beberapa penyegaran. Desainnya kali ini menggadang-gadang tagline ‘Mobil SUPER’, singkatan dari
Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable.


Penggunaan nama Indonesia ini merupakan salah satu syarat yang ditetapkan pemerintah untuk memperoleh insentif mobil murah.


Tak cuma nama, Suzuki juga mengganti logo ‘S’ andalannya dengan burung garuda yang mirip lambang negara Indonesia. 


Kabar kehadiran Karimun Wagon R sudah bocor saat Suzuki mendaftarkan tipe mobilnya di Kementerian Perindustrian pada Juli lalu. Pada 11 Juni 2013, mobil itu didaftarkan oleh PT Suzuki Indomobil Motor, agen tunggal pemegang merek mobil Suzuki, untuk tiga tipe kategori penumpang 4x2 bermesin 1.000 cc, dengan kode Suzuki AIJ30F GA, AIJ30F GL, dan AIJ30F GX.


Hanya berselang sembilan hari kemudian, ketiga tipe mobil itu sudah mengantongi tanda pendaftaran. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, PT Suzuki Indomobil Motor berencana memproduksi 9.842 unit mobil--yang ketika itu belum diketahui namanya. Ini terdiri dari 480 unit tipe GX, 3.796 unit tipe GL, dan 5.566 unit tipe GA.


Dari data produksi itu dapat diketahui bahwa GA merupakan tipe standar, GL kelas medium, dan GX yang paling atas. 


Model baru
citycar
Suzuki ini sempat bocor di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Juli lalu. Namun, tak berselang lama, Suzuki langsung melenyapkannya. Tak jelas, kenapa Suzuki sempat memunculkan mobil itu dan kemudian menyembunyikannya lagi.


Dan benar saja. Saat resmi diluncurkan, bentuk Karimun Wagon R mirip sekali dengan yang dipetakumpetkan di PRJ itu. 


Kabarnya, untuk membangun Karimun Wagon R, Suzuki menginvestasikan 60 miliar yen atau sekitar Rp68 triliun dengan kurs saat ini. Mereka bahkan membangun pabrik baru di kawasan Cikarang. Pabrik kedua Suzuki di Indonesia ini --yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC)-- berukuran lima kali lebih besar dibanding pabrik pertama di Tambun.


Berbasis Maruti


Karimun Wagon R ternyata berbasis Maruti Wagon R yang sudah lebih dulu dipasarkan di India. Di sana, Si Mata Biru menggunakan mesin K10B kapasitas 988 cc, yang dikenal irit bahan bakar. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga puncak 67 bhp pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 90 Nm pada 3.500 rpm.


Kapasitas ini persis sama dengan Karimun Wagon R yang dipasarkan di Indonesia. Hanya saja, yang di Indonesia tak dilengkapi transmisi otomatis. "Kami akan melihat
market
-nya terlebih dahulu, apabila mereka ingin otomatis kami akan pikirkan kembali," kata Toshihiro.


Soal perbedaan ketiga tipe, jenis GA dilengkapi
air conditioner, immobilize
r, dan memiliki empat pilihan warna, yaitu
Silky Silver, Cool Black, Radiant Red
, dan
Graphite Grey.


Tipe GL dilengkapi
air conditioner
, satu DIN
car audio
dan dua
speaker
,
immobilizer, roof rails, alloy wheel, dan electric window central locking
. Ada tujuh pilihan warna, yaitu
lagoon turquoise 3, splash green 2, silky silver, cool black, radiant red, graphite gre
y, dan
burgundy red
.


Kelas tertinggi, GX, dilengkapi
air conditioner
, dua DIN
car audio
dan empat
speakers, security alarm, keyless entry, immobilizer, roof rails, alloy wheel, electric window central locking, dan seat under tray
. Tersedia delapan pilihan warna, yaitu
lagoon turquoise 3, splash green 2, silky silver, cool black, pearl white, radiant red, graphite grey
, dan
burgundy red
.


Bunuh Estilo


Kehadiran Karimun Wagon R memaksa Suzuki "membunuh" mobil perkotaannya yang telah lama mengaspal, Karimun Estilo. Mobil yang dulunya jadi tulang punggung Suzuki di kelas bawah ini terpaksa harus dihentikan penjualannya sejak akhir tahun lalu. Tak lain, ini lantaran jika dipertahankan Estilo tak akan sanggup bersaing dengan Karimun Wagon R yang dibanderol jauh lebih miring. (kd)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya