SOROT 189

Penjelajah dari Masa Lalu

Peter Diamandis
Sumber :
  • Reuters/ Cliff Despeaux

VIVAnews - Kepada mereka kita berharap. Larry Page dan Eric Schmidt dari Google. Sutradara film laris Titanic James Cameron.  Juragan real etstate Amerika Serikat Ross Perot. Mereka kini sedang menyusun kekuatan. Investasi di luar angkasa. Terdengar aneh. Tapi mereka sudah membenam uang.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Pemerintah Amerika Serikat dukung penuh. Para ilmuwan menyanjung langkah para pengusaha kaya raya itu.  Peter Diamandis, Ketua Yayasan X Prize, yang mengadakan sayembara desain roket swasta ke luar angkasa menyebut langkah para miliarder itu cikal bakal investasi masa depan.

"Kita kini melihat suatu generasi baru miliarder yang tertarik dalam luar angkasa," kata Diamandis seperti dikutip harian USA Today. Mereka, lanjutnya, secara cerdas telah berinvestasi di salah satu peluang komersil terbesar yang pernah ada.

Perjalanan ke luar angkasa. Mencari sumber sumber daya bagi manusia di bumi.

Sejarawan Roger Launius dari Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Smithsonian di Washington DC, menyebutkan bahwa apa yang dilakukan para pengusaha itu, mengingatkan para sejarahwan akan sejumlah pengusaha di masa silam. Dia menyebut beberapa nama konglomerat dari masa lalu seperti Howard Hughes, John Rockefeller, dan Henry Ford.

Ambisi para pengusaha masa silam itu, mungkin tidak sedasyhat rencana menanam uang di luar angkasa. Tapi ketertarikan mereka pada eksplorasi teknologi pada masa itu, kata Launius, kini bisa kita nikmati. Tanpa harus menjadi kaya. Padahal pada masa silam itu, teknologi itu hanya milik kaum berpunya.
Hughes berperan memelopori industri maskapai penerbang. Dan sebelum itu, katanya,  “Rockefeller dan Ford masing-masing menciptakan industri minyak dan otomotif.”

Obsesi Penjelajah Masa Silam
Obsesi para konglomerat itu, kata Diamandis, serupa dengan apa yang dilakukan para pengusaha penjelajah dunia ratusan tahun lampau. Obsesi mereka saat itu terdengar tak masuk akal. Lihatlah perjuangan Ferdinand Magellan. Seorang pengusaha yang lahir di Sabrosa Portugal 1480.

Pengusaha kaya ini berani mengarungi samudera. Dengan kapal kayu ke negeri antar berantah. Demi mencari harta kekayaan di belahan bumi baru. Sekaligus  membantah anggapan kaum rohaniwan pada masa itu bahwa Bumi itu bulat dan tak berujung.

Aksi nekat para penjelajah ke Dunia Baru itu disokong penuh raja-raja Eropa. Terutama mereka  yang berkuasa di Masa Pencerahan (Renaissance). Gerakan budaya dari abad ke -14 hingga abad ke-17 itu banyak gunanya. Terutama bagi Eropa.

Para penjelajah itu berhasil memancing intelektual mendobrak pola pikir lama. Mempengaruhi sebagian  penguasa di Eropa untuk antusias menelusuri hal-hal baru.  Warga Eropa saat itu menyaksikan dan menunggu hasil penjelajahan para pengusaha itu. 

Dan pada tanggal 20 September 1519 Magellan mulai berlayar. Dia berangkat dari Spanyol. Memimpin tim orang Eropa pertama yang keliling dunia. Melintasi  dua samudera besar. Atlantik dan Pasifik.

Bermodalkan tiga kapal, tim pimpinan pelaut Portugis itu berhasil melintasi Lautan Pasifik setelah melalui selat yang berbahaya di Amerika Selatan. Menurut The History Channel, Magellan sendiri tidak bisa menemani tim ekspedisinya menuntaskan misi keliling dunia itu. Ia tewas terkena panah beracun. Mati dalam perang antarsuku di Filipina pada 27 April 1521.

Anak buah Magellan, yang tinggal diperkuat dua kapal, terus berlayar. Mereka sukses sampai di sejumlah wilayah strategis. Termasuk Pulau Maluku di Indonesia. Dari situ mereka  mengangkut rempah-rempah.

Lantaran rusak, satu kapal berhenti di Maluku.  Cuma satu yang terus berlayar. Kapal itu sukses tiba di Tanjung Harapan setelah mengarungi Samudera Hindia. Dipimpin Juan Sebastian de Elcano, satu-satunya kapal sisa tim ekspedisi Magellan itu sampai di pelabuhan Spanyol pada 6 September 1522. Kapal itu kemudian dinyatakan sebagai kapal pertama yang sukses keliling dunia selama hampir tiga tahun.

Ekspedisi Magellan ke Dunia Baru itu tidak lepas dari ambisi Raja Spanyol pada saat itu, Charles I - yang akhirnya berganti nama menjadi Charles V saat dinobatkan sebagai Kaisar Romawi Suci (1519-1556). Sebagai salah satu penguasa terkemuka di Eropa, Charles V ingin sebanyak mungkin mencapai kejayaan dan mengeruk kekayaan di wilayah yang belum dijamah raja-raja lain.

Tergiur dengan kekayaan di Dunia Baru, seperti yang diceritakan para penjelajah sebelumnya - seperti Chistopher Columbus dan Amerigo Vespucci - Charles V bersedia mensponsori ekspedisi Magellan. Raja lalu memberi lima
kapal beserta pasokan pangan dan logistik untuk dua tahun, yang ternyata tidak cukup. "Saya datang, Saya lihat, Tuhan yang menaklukan," demikian Charles V suatu ketika.

Ambisi Charles V itu mengulangi apa yang telah dilakukan penguasa Spanyol sebelumnya. Ratu Isabella, istri dari Raja Ferdinand II, pada 1489 memberi restu bagi Columbus untuk mencari Dunia Baru. Columbus pun diberi modal uang
12.000 maravedis per tahun dan "surat sakti" yang memerintahkan semua kota untuk memberi dia makanan dan penginapan secara cuma-cuma.

Tiga tahun kemudian, 1492, Columbus dan armadanya tiba di suatu wilayah di Kepulauan Bahama, yang dia beri nama San Salvador. Selanjutnya dia menyusuri Kepuluan Karibia dan wilayah-wilayah lain di Amerika Tengah. Sejak itu, penguasa monarki Spanyol dan kerajaan-kerajaan lain di Eropa mengklaim wilayah yang telah disambangi para penjelajah itu sebagai koloni mereka.

Abad kolonisasi atas Dunia Baru pun dimulai. Para raja tidak saja menikmati kejayaan, namun juga mengeruk kekayaan dan menikmati penaklukan di wilayah-wilayah terjajah.

Selain mendatangkan kekayaan, ekspedisi Columbus, Magellan dan para penjelajah lain pada akhirnya kian merangsang para ilmuwan untuk memikirkan teknologi navigasi dan transportasi yang lebih cepat dan efektif.

Abad Penerbangan
Jauh sebelum maraknya penjelajahan ke Dunia Baru, ilmuwan merangkap pelukis ternama di Italia bernama Leonardo da Vinci pada 1488, sudah mencorat-coret motif sebuah mesin terbang. Goresan da Vinci itu akhirnya baru terwujud ratusan tahun kemudian oleh Wright bersaudara di AS.

Setelah beberapa kali percobaan, pada 17 Desember 1903, Orville dan Wilbur Wright berhasil menerbangkan sebuah pesawat eksperimen yang diawaki manusia. Pada penerbangan pertama, Orville menjadi pilot dan Wilbur membantu
mendorong pesawat lepas landas.

Seperti tercatat di laman TheWrightBrothers.org, pesawat mereka dalam 12 detik mampu terbang di ketinggian 37 meter dengan kecepatan 10,9 km/jam di atas tanah.

Keberhasilan Wright bersaudara membangkitkan antusiasme para teknokrat untuk menerbangkan burung besi lebih kencang dan lebih tinggi lagi. Dan memacu minat orang kaya seperti Howard Hughes.

Lahir pada 24 Desember 1905 dan wafat di usia 70 tahun, Hughes dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia di awal abad ke-20. Tidak hanya dikenal sebagai pengusaha sukses dan sineas yang cemerlang - berkat dukungan modal yang besar dari hasil usaha dan warisan orangtuanya - Hughes pun
dikenal sebagai penerbang yang antusias. Dia mendirikan maskapai penerbangan Hughes Aircraft Company pada 1932.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Hughes dikenal sebagai salah seorang tokoh yang berpengaruh bagi industri penerbangan di AS. Dia berkali-kali mencetak rekor baru dalam kecepatan menerbangkan pesawat.

Tidak heran bila Hughes asyik mendanai pembuatan sejumlah pesawat yang bisa terbang sekencang-kencangnya, seperti Hughes H-1 Racer pada 1935 dan H-4 Hercules atau "Spruce Goose" pada 1947. Ambisi Hughes itu tampaknya hanya
demi memenuhi kepuasan pribadi, walau berkali-kali hampir menemui ajal akibat kecelakaan pesawat.

"Nama saya Howard Hughes, sang penerbang. Saya sangat peduli dengan dunia penerbangan," tutur Hughes suatu ketika seperti yang ditirukan oleh aktor Leonardo Di Caprio, yang memerankan tokoh konglomerat itu di film "The Aviator". Film itu dilecut tahun 2004.

Bermula dari hobi sebagai penerbang, Hughes pun melebarkan kerajaan bisnisnya di industri dirgantara. Setelah membangun pabrik pesawat, dia mendirikan perusahaan helikopter dan akhirnya berkembang menjadi perusahaan teknologi luar angkasa, yang berhasil membuat satelit komunikasi geosynchronous pertama di dunia pada 1963.

Menurut Boeing.com, perusahaan komunikasi dan luar angkasa bentukan Hughes itu pada tahun 2000 membuat hampir 40 persen dari total satelit komersil di penjuru dunia. Hughes Communication and Space Company pada 1978 juga menciptakan radar ekstensif pertama untuk pemetaan planet Venus dan kendaraan angkasa Galileo yang terbang menuju planet Jupiter pada 1990-an, demikian ungkap Judy, Rumerman dalam bukunya "The Hughes Companies."

(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024