SOROT

Chatting Plus Plus dengan ChatPlus!

Aplikasi Chat besutan Kristiono Setyadi mampu menerjemahkan pesan chat ke 90-an bahasa.
Rabu, 25 November 2009
Oleh : Indra Darmawan
Kristiono Setyadi, Overall Winner pada Yahoo Open Hack Day

VIVAnews - Ini adalah pemenang ajang Yahoo Open Hack Developer yang digelar akhir pekan lalu, yakni aplikasi chat yang dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Sehingga, pembuat aplikasinya pun menamakannya: ChatPlus!

Tak hanya menawarkan fitur conference chat, ChatPlus! juga menyediakan berbagai fungsi, seperti fitur pengalih bahasa yang bisa menerjemahkan ke 90-an bahasa, fitur mesin pencari Yahoo, fitur peta Yahoo Map, dan fitur pencari foto.

"Ide awal saya adalah bagaimana setiap orang bisa berkomunikasi tanpa harus ada kendala bahasa," kata Kristiono Setyadi, developer pembuat ChatPlus! kepada VIVAnews, Selasa 24 November 2009.

Untuk membangun aplikasinya, Kristiono menggunakan beberapa modul Application Programming Interface Yahoo, yakni Yahoo Query Language untuk memfilter data di database, GeoPlanet dan Maps untuk menampilkan peta, Flickr untuk foto, dan BOSS untuk pencarian web. Adapun fitur alih bahasa dari aplikasi ini menggunakan mesin Google Translate.

"Bagian tersulit dari aplikasi ini adalah ide dan implementasi ide itu," ujar Mahasiswa Jurusan Matematika tingkat akhir Universitas Gajah Mada Yogyakarta itu.

Aplikasi ini memiliki fitur auto-connection yakni kemampuan mendeteksi koneksi yang putus, untuk secara otomatis me-request perintah terakhir, sehingga pesan chat terakhir tidak hilang bila koneksi terputus.

Sebenarnya, Kristiono sudah lama punya ide untuk membuat aplikasi chatting yang sekaligus mampu menerjemahkan ke berbagai bahasa. Dan di ajang Yahoo itu, Kris mampu merealisasikannya, hanya dalam tempo semalam.

Aplikasi ChatPlus!


"Kami akan menindak lanjuti seluruh partisipan untuk melihat apa yang bisa kami lakukan kepada mereka dan aplikasi-aplikasi yang telah mereka buat. Setiap temuan mereka akan tetap milik mereka, kami harap kami bisa membantu mereka meningkatkan aplikasinya," ujar Michael Smith Jr, Director, Yahoo Developer Network, Yahoo South East Asia, kepada VIVAnews, 24 November 2009.

Sesuai aturan main di ajang Yahoo Open Hack Day, peserta memang musti menuntaskan aplikasi di platform Yahoo, dalam 24 jam, mulai dari Sabtu 21 November 2009 sore, hingga keesokan hari.

Selama itu, peserta dibebaskan untuk begadang semalam suntuk berkutat di depan komputer, tapi juga diperbolehkan istirahat atau bermain game PlayStation, untuk mengusir kejenuhan.

Ajang Yahoo Open Hack Day sendiri baru pertama kali diselenggarakan di Asia Tenggara. Dengan sekitar 500 peserta, Yahoo mengatakan bahwa ini adalah salah satu ajang Yahoo Open Hack Day terbesar yang pernah diselenggarakan.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found